Pengaduan

Jika anda memiliki keluhan atau pertanyaan seputar PLN, silahkan di Posting dibawah ini, kami akan coba menjawabnya.

Responses

  1. kok di danau rambai btg gansal mati lampu da hampir 24 jam knapa ya? kira2 hidup lg gak ya?

  2. pak PLN area pkl kuras ds.beringin indah kok sering mati. ada masalah apa pak di pusat.

  3. Pagi gan…..kenapa ya gan lampu kok dari sore smpe pagi ini blm hidup…..apa ada kerusakan…?

  4. Apa kendala pln untuk wilayah lubuk kandis,talang mulya mati terus tiap pagi malm tolong jawbanya pak??

  5. Kenapa lah pln talang mulya mati terus tiap malam

  6. Pak direktur pln rengat kapan penggantian tiang listrik desa bagan jaya km9 karena tiang yg ada tidak layak untuk kesehatan keselamatan kerja

  7. Tolong di perjelas mengenai besaran biaya yang harus di tanggung oleh calon pelanggan baru PLN terutama untuk Kelurahan pulau kijang kecamatan Reteh, kab.Inhil. karena selama ini warga masih di bingungkan dengan besaran biaya yang harus di bayar oleh calon pelanggan baru.

    Catatan:

    informasi dari warga setempat

    1. Informasi dari nasyarakat setempat mengatakan besaran biaya yang harus dibayar untuk pasang baru dengan daya 900VA sampai Rp.5.500.000,-. pembayaran dilakukan 3 kali, menurut warga setempat pembayaran pertama untuk registrasi sebesar Rp.1.500.000, pembayaran kedua untuk pasang meteran Rp.500.000 dan sisanya harus dilunasi setelah listrik menyala.
    2. denah lokasi calon pelanggan baru PLN adalah di kelurahan pulaukijang, kec.reteh kab.inhil.
    3. kabel listrik dari tiang sampai dengan kerumah calon pelanggan baru PLN di tanggung oleh pelanggan dengan besaran belum dapat di tentukan tergantung berapa panjang kabel yang habis digunakan.

    Mohon penjelasan yang transparan, sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku mengenai masalah ini, demi kemaslahatan dan kemakmuran dan pemerataan bersama.

    terimaksih.

  8. Asalamualaikum pak petugas pln kami masyarakat desa rawa bangun banyak di kecewakan dlm pemasangan meteran pln yg di lakukan pihak biro alasan biro penyedia meteran dri pln terbatas yg saya tanyakan apa benar peryataan biro tersebut kami calon pelanggan yg atminya udah lunas.

  9. Bisakah di dalam satu rumah dipasang.meteran prabayar sebanyak 5;meteran. Krena akan.dijadikan.kamat kos . Tiap.kmar besarnya 450 watt. Terima.kasih

    • Yth Bpk Maryoto

      Mohon maaf pak, untuk permintaan seperti itu tidak bisa dilakukan, hal ini karena di dalam aturannya 1 KWH METER hanya untuk 1 Persil (Bangunan) bukan Person (orang).
      Tetapi jika untuk rumah petak yang disewakan (yang installasinya terpisah dan surat rumah terpisah) permintaan tersebut bisa dipenuhi.

      Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga dapat membantu bapak.

      Terima kasih.
      PLN BERSIH,
      KAMI BERSIH….
      ANDA BERSIH….
      KITA BERSIH….

      PLN AREA RENGAT
      Terima kasih.

  10. Pak Pln yg terhormat kenapa Di wilayah kami Di sei pasir putih sering sekali mati lampu, mana lama sekali, ini hari pun lagi mati lampu tlng Di tindak lanjuti

  11. Mayarakat telah membayar rata rata 2,5 juta melalui desa ,tanggal 26 februari 2014 kami menanyakan kepada pihak pln tembilahan memang benar kami udah ada penyetoran ,alhamdulillah dari pihak pln kami telah dijanjikan akan segera hidup sepuluh hari dari tanggal kami menanyakan moga semua terlaksana mohon infokan kalau informasi terbaru ke no hp saya 082385173744 atas nama sudiyanto

  12. Pak direktur kami warga km.9 desa bagan jaya kec enok sudah setahun mendaftar semua adm dah kami selesaikan namun sampai sekarang blum ada realisasikan.kami hanya diberi janji terus warga sudah ngak sabar pak tolonglah kami supaya secepatnya bisa menikmati listrik

    • Yth. Bp. Sudiyanto

      Terima kasih atas pengaduan yang Bapak sampaikan.
      Pertama, kami perlu mengetahui perihal administrasi tersebut.

      1. Kepada siapa administrasi tersebut diselesaikan? Apakah kepada pihak Desa / Biro / PLN ?
      2. Berapa besaran biaya yang sudah Bapak keluarkan?

      Dapatkah Bapak mengirimkan semua bukti administrasi tersebut ke email opi.rengat@gmail.com?
      Jika Bapak berkenan membantu penyampaian informasi, kami akan lebih mudah mencari kendala yang terjadi selama ini.
      Wassalam

      Terima kasih.
      PLN BERSIH,
      KAMI BERSIH….
      ANDA BERSIH….
      KITA BERSIH….

      PLN AREA RENGAT
      Terima kasih.

  13. Bpk.pln yg terhormat..di daerah kami”gedong aji baru”di desa sido mukti h2..1 thun pemasangan listrik,belum stabil2..tiap hari mati hidup mati hidup,bila malam mati total..tolong tindak lanjutnya..terima kasih.

    • Yth. Bp Syehu

      Terima kasih atas tanggapan yang Bapak sampaikan.Kami mohon maaf sebelumnya atas ketidaknyamanan tersebut.Kami perlu mengetahui perihal belum stabil tersebut, durasi hidup-mati selama sehari berapa kali?dan ketika mati total malam hari, apakah seluruh desanya?Untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut, dapatkah Bapak menginformasikan alamat lengkap, serta No.ID Pelanggannya Pak?
      Wassalam

      Terima kasih
      PLN BERSIH,
      KAMI BERSIH….
      ANDA BERSIH….
      KITA BERSIH….

      PLN AREA RENGAT

  14. Kepada bpk petugas pln saya mau tanya
    Meteran listrik saya kena petir dan skrang rusak udah saya laporkan, dan petugas mengecek k rmh saya krn rusak listriknya d langsungkan sampai ada meter kwh yg baru dr pln br bisa d pasang.
    Yang ingin saya tanyakan :
    1. apakah ada biaya utk meter kwh yg baru itu?
    2. Apakah ada biaya utk melangsungkan( d los) listrik waktu blm ada meter kwh yg baru

    • yth Bpk Apri Yante,

      untuk penggantian kwh meter yang rusak karena petir, pihak pln tidak mengenakan biaya untuk penggantian tersebut (gratis).
      untuk pengecekkan, kami meminta kepada bapak agar dapat mengirimkan id pelanggan pln bapak dan lokasi bapak kepada kami agar dapat dilakukan penggantian secepatnya.

      terima kasih.

      PLN BERSIH,
      KAMI BERSIH….
      ANDA BERSIH….
      KITA BERSIH….

      PLN AREA RENGAT

    • kalau bisa big boss PLN di kompirmasikan ke masyarakat kalau ada pemadaman listrik jadi masyarakat tidak negatif tingking!!! kami tggl di blok A sejak 6 bulan belakangan sering mati sampai sekarang february 2014 sering pemadaman dalam sehari minimal5X mana matinya cuman sebentar lalu nyala lagi,yang anehnya lagi jalur yang lain hidup ,
      apakah pihak PLN tdk berfikir dampak pada masyarakat terutama yang mempunyai barang elektronik ditambah lagi tagihan bulan depan pasti melonjak, mohon tanggapannya BIG BOSS

  15. Yang Terhormat PLN, saya atas nama temen” disini, kenapa ko boros banget yah masa 1 minggu bisa sampe 50rb padahal ga pasang macem-macem, sedangkan yang lain 50 bisa sampe 1 bulan,..Tolong jelaskan ya pak, apakah ada pembagian kelas tertentu sehingga tarif.a beda..?

    • Yth. Bp. M. Yusuf

      Terima kasih atas informasi yang Bapak berikan.
      Perlu kami informasikan bahwa, kWh yang berkurang pada Listrik Prabayar tergantung dari pemakaian kita, karena kita yang mengendalikan pemakaian listrik tersebut.
      Jika masih terjadi kondisi Abnormal pada kWh tersebut, dapatkah Bapak memberikan Informasi untuk No.Idpel Bapak? Agar kami dapat memeriksa pemakaian harian rata-rata kWh Bapak? dan juga Merk & Type kWh yang Bapak Pakai?

      Terima Kasih,
      Wss.
      PLN BERSIH,
      KAMI BERSIH….
      ANDA BERSIH….
      KITA BERSIH….

      PLN Area Rengat

  16. Yang Terhormat PLN, saya atas nama temen” disini, kenapa ko boros banget yah masa 1 minggu bisa sampe 50rb padahal ga pasang macem-macem, sedangkan yang lain 50 bisa sampe 1 bulan,..
    Tolong jelaskan ya pak, apakah ada pembagian kelas tertentu sehingga tarif.a beda..?

  17. Kenapa ya..pln di desa kulim jaya kec.lbk batu jaya padam hari ini kamis tgl 23 jan 2014 dr hbs magrib sampai jam 10 jg blm hidup..

    • Yth. Bp. Rian

      Terima kasih atas informasi yang Bapak berikan.
      Perlu kami informasikan bahwa, telah terjadi gangguan 2 unit mesin PLTMG di Lirik, sehingga harus dilakukan pemadaman bergilir. Pemadaman ini terjadi bukan hanya di Kec. Lubuk Batu Jaya saja, akan tetapi terjadi di beberapa daerah di Inhu.
      Sekarang, unit mesin yang mengalami gangguan tersebut dalam masa perbaikan.
      Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini, dan mari kita sama-sama berdoa agar mesin tersebut diperbaiki dalam kondisi aman.

      Terima Kasih,
      Wss.
      PLN BERSIH,
      KAMI BERSIH….
      ANDA BERSIH….
      KITA BERSIH….

      PLN Area Rengat

  18. kalau bisa big boss PLN di kompirmasikan ke masyarakat kalau ada pemadaman listrik jadi masyarakat tidak negatif tingking!!! kota kami di wonomulyo kab polewali mandar sulawesi barat semenjak akhir desember 2013 sampai sekarang 16 januari 2014 sering pemadaman dalam sehari minimal5X mana matinya cuman sebentar lalu nyala lagi, apakah pihak PLN tdk berfikir dampak pada masyarakat terutama yang mempunyai barang elektronik ditambah lagi tagihan bulan depan pasti melonjak, mohon tanggapannya BIG BOSS

    • kalau bisa big boss PLN di kompirmasikan ke masyarakat kalau ada pemadaman listrik jadi masyarakat tidak negatif tingking!!! kota kami di wonomulyo kab polewali mandar sulawesi barat semenjak akhir desember 2013 sampai sekarang 16 januari 2014 sering pemadaman dalam sehari minimal5X mana matinya cuman sebentar lalu nyala lagi, apakah pihak PLN tdk berfikir dampak pada masyarakat terutama yang mempunyai barang elektronik ditambah lagi tagihan bulan depan pasti melonjak, mohon tanggapannya BIG BOSS

  19. bapak PLN,, kenapaa nomer token dirumah saya tidak keluar2.. Gimana mau idupinya pak.. Tolong pak,, emergency.. Nomer seri saya pak 34000437235 An sadikun.. Mohon bantuanya pak..

    • Ysh Bpk Muh Solihin,

      Dalam sistem kami tercatat bahwa bapak terakhir kali membeli token pada tanggal 12 Januari 2014 dengan nomor token 33580716357562592131. Silahkan bapak melakukan pengisian dengan nomor token tersebut, namun jika masih terjadi kegagalan, bapak bisa melapor kepada PLN dengan menghubungi call center PLN di (kode area) 123 atau dengan mendatangi kantor PLN terdekat.

      Semoga informasi ini dapat membantu, terima kasih.

      PLN BERSIH,
      KAMI BERSIH….
      ANDA BERSIH….
      KITA BERSIH….

      PLN AREA RENGAT

  20. ape pasal lampu di kotabaru kec.keritang inhil asek nak mati je..bebulan-bualan macam itu je..giliran masang je laju PLN tibe mati laju juge dimati je trs..sampai nak berak malam pun lah bawak senter macam tinggal dikebun je..

  21. Kenapa kok saya tidak bisa isi pulsa IDPEL saya,,padahal sehari-hari bisa tpi kox hari ini tidak bisa mohon bantuanya,,aneh banget
    14047164802 NO METER SETIAP SAYA ISI PULSA TRIMAKASI

    • Yth Ibu Latifah

      Sebelumnya kami mohon informasinya, apakah pada saat melakukan pembelian pulsa listrik pada struk tercetak nomor token (sebanyak 20 digit) ?
      Jika pada struk tercetak namun pada saat pengisian ke kwh meter gagal, maka ibu harus melapor kepada pihak PLN dengan menghubungi call center PLN di (kode area) 123 atau dengan mendatangi kantor PLN terdekat agar segera dilakukan perbaikan oleh petugas kami.

      Namun jika pada struk pembelian tidak tercetak nomor token nya, maka ibu silahkan mengisikan nomor token berikut :

      1. 68329444824576745721 (pembelian pada tanggal 11 jan 2014 jam 08:21:10)
      2. 66227968904364118091 (pembelian pada tanggal 11 jan 2014 jam 08:21:06)

      Untuk nomor token saat pembelian tanggal 11 jan 2014 jam 08:00:33, sebanyak Rp. 100.000,- kami belum dapat mengirimkan nomor tokennya dikarenakan masih ada proses rekon pada sistem kami. Namun jika prosesnya sudah selesai dan nomor tokennya sudah terbit, kami akan segera mengirimkan nomor token tersebut.

      Demikain kami sampaikan, mohon maaf atas ketidaknyamanan ibu.

      Terima kasih.

      PLN BERSIH,
      KAMI BERSIH….
      ANDA BERSIH….
      KITA BERSIH….

      PLN AREA RENGAT

    • 55709560358264748705
      ini untuk token yang ibu beli pada tanggal 11 jan 2014 jam 08:00:33

      terima kasih.

  22. Ditempat ada gangguan listrik kami mati tanggal 9 januari sampai sekarang belum nyala di rt 19 rw 10 pulau palas kab: tembilahan hulu mohon bantuan nya terimakasih.

    • Yth Bapak Junaidi

      Terima kasih atas info nya pak, apakah bapak sudah melapor melalui contact center PLN di nomor (kode area) 123 ?
      Karena untuk mekanisme pelaporan gangguan sekarang harus melalui contact center PLN pak.
      Namun karena bapak telah memberikan laporan disini, maka kami akan tetap mambantu bapak untuk meneruskan laporan ini ke bagian gangguan.
      Mohon info nya pak jika petugas kami telah melakukan perbaikan, terima kasih.

      PLN BERSIH,
      KAMI BERSIH….
      ANDA BERSIH….
      KITA BERSIH….

      PLN AREA RENGAT

  23. katanya semua intalasi sudah ditanggung oleh pihak PLN,kenapa biaya pemasangan melalui biro terlewat mahal..apa ada ketentuan tsb..kenapa biro berani menentukan tarif pasang listrik jauh diatas ketentuan PLN..bagaimana cara agar bisa mendapatkan (SLO),terimakasih..

    • Yth Bapak Ryu,

      Untuk installasi di bangunan pelanggan adalah hak dan kewajiban dari pelanggan itu sendiri, dan bukan merupakan tanggungan pihak PLN. Pihak PLN memiliki tanggung jawab melakukan penyambungan dari kabel SR (sambungan rumah) sampai dengan APP (alat pengukur dan pembatas) atau yang sering kita sebut kwh meter dan mcb. Lalu dari APP ke installasi listrik pelanggan adalah kewajiban dari pelanggan itu sendiri apakah ingin memasang installasi sendiri atau diserahkan kepada pihak biro. Untuk menentukan tarif pemasangan installasi listrik di bangunan pelanggan adalah hak dari biro installatir yang telah terdaftar. Namun untuk biaya penyambungan adalah biaya yang telah ditetapkan oleh PLN dalam TDL (Tarif Dasar Listrik).

      Untuk mendapatkan SLO, pelanggan bisa mendatangi kantor AKLI dan meminta kepada AKLI untuk menerbitkan SLO dengan biaya yang terlah di tetapkan oleh pihak AKLI tersebut.

      Demikian yang dapat kami jelaskan, semoga dapat membantu bapak. Yang perlu ditekankan, jika bapak tidak ingin terjebak dengan calo, bapak bisa menghubungi call center PLN 123, atau bisa melihat di wwebsite PLN http://www.pln.co.id, atau bapak bisa datang ke kantor PLN terdekat untuk mendapatkan informasi yang bapak butuhkan.

      Terima kasih,

      PLN BERSIH…
      Kami bersih…..
      Anda Bersih……
      Kita Bersih……..

      PLN AREA RENGAT

  24. Saya mau tanya sebenernya pemasangan PLN baru itu tanggung jawab siapa?
    Mengapa, pemasangan PLN baru di Desa Lubuk Kembang Sari Kec Ukui ribet sekali??
    Kemudian mengapa banyak sekali biro yang menawarkan jasa pemasangan PLN baru yang memiliki variasi harga.
    Pihak desa mengenakan untuk 900 va Rp. 3.500.000 untuk 1300 va Rp. 4.500.00.
    Kemudian masih ada beberapa RW yang belum ada berdiri tiang kabel PLN, dan informasi yang saya dapat akan memakai tiang PLTD. Bukankah tiang PLTD tidak memenenuhi standar SNI tiang kabel PLN.
    Mohon bantuan pihak PLN untuk meninjau.
    Karena sepertinya maysarakat dibodoh-bodohhin sama desa.

  25. Yth PLN,kenapa biro yang pasang baru di area ukui pasang harga tinggi di biarkan?harganya tdk masuk akal.Rp 4jt untuk dy 900 dan 4,7untuk dy 1300.

    • Yth Bpk. Ahmad

      Untuk biaya sambung baru dengan daya 900 VA, biaya penyambungan nya adalah 900 x Rp. 750 = Rp. 675.000 ditambah dengan biaya token perdana minimal Rp. 5000 jadi total yang harus bapak bayar kepada PLN adalah Rp. 680.000.

      Namun ini berlaku jika bapak telah memiliki installasi listrik di rumah bapak dan bapak telah memiliki SLO (sertifikat laik operasi) yang dikeluarkan oleh pihak AKLI (asosiasi kontraktor listrik dan mekanikal indonesia) setempat. Namun jika bapak belum memiliki SLO dan installasi listrik di rumah bapak, maka itu bukan tanggung jawab dari PLN untuk menetapkan harga.

      Jika bapak sudah memiliki SLO dan installasi listrik di rumah, kami sarankan agar bapak langsung melakukan pendaftaran sambung baru melalui website resmi PLN di http://www.pln.co.id agar tidak terjadi praktek pencaloan dan harga yang bapak bayar adalah harga yang ditetapkan PLN.

      Terima kasih,

      PLN BERSIH…
      Kami bersih…..
      Anda Bersih……
      Kita Bersih……..

      PLN AREA RENGAT

  26. saya mau tanya kenapa tagihan listrik saya membengkak 2 x lipat dari biasanya padahal pemakaian tidak jauh berbeda dari bulan – bulan sebelumnya..
    jika di rincikan tagihan saya sebagai berikut :
    november 2013 = Rp. 543,173
    desember 2013 = Rp. 901,309

    ID saya : 543103831848

  27. Plnku mati gmana caranya

  28. kenapa kilometer pelanggan diputuskan,sementara pelanggan tersebut telah membayar tagihan rekening listrik sampai bulan desember 2013 dengan bukti pembayaran yang sah…??

    • Bisa kami minta ID Pelanggan Bapak untuk kami lakukan pengecekkan ?

  29. Pln yth tlng tggapan y..
    Knpa lampu mtran myala hdp kuning sama hijo

  30. yth. PLN. saya mau Tanya berepa sebenarnya tarif awal pemasangan kwh… apakah memamg semahal ini.. mohon dijelaskan untuk area Ukui tepatnya di desa BUkit Jaya

    • Yth Bp. Zyanto

      Terima kasih atas tanggapan dari Bapak.
      Biaya pasang baru sambungan listrik PLN sesuai dayanya, adalah sebagai berikut :
      1. Daya 450 VA Rp.337.500
      2. Daya 900 VA Rp.675.500
      3. Daya 1300 VA Rp.975.50
      4. Daya 2200 VA Rp.1.650.000
      5. Daya 3500 VA Rp.2.712.500,
      6. dst…
      Bapak dapat langsung mendaftar online di http://www.pln.co.id atau Call Centre 123.

      Jika ingin mendaftar langsung, dapat pergi ke kantor PLN terdekat dengan membawa :
      1. Fotocopy kartu identitas pemilik/pengguna bangunan (KTP/SIM) yang masih berlaku.
      2. Denah/peta lokasi bangunan (diperlukan untuk memudahkan dalam proses survey lapangan)
      3. Surat Kuasa bila pengajuan permohonan diwakilkan
      4. Membayar Biaya Penyambungan di ATM/Kantor POS terdekat.

      Dan perlu diketahui bahwa :
      PLN tidak memiliki kewenangan terhadap instalasi listrik di dalam bangunan milik pelanggan, sebab instalasi listrik tersebut milik pelanggan.
      Pelanggan menentukan sendiri Perusahaan Instalatur yang akan membangun instlasi listrik di bangunan miliknya.

      Terima Kasih
      Wassalam

      PLN Area Rengat

  31. kepada pln area rengat.kata nya pln hanya bertanggung jawab sampai di kwh mtr pmbts,tp knp saat pasang baru biro yang harus mengurus kwh mtr dan smpai memasang k rmh2 plnggn dan sarat yng sah seorang biro itu gimana mohan penjelasanya

    • Yth Bp. Dodiardy

      Terima kasih atas tanggapan dan pertanyaanya.
      Informasi dari Bapak benar, bahwasanya PLN bertanggung jawab sampai di APP (Alat Pembatas dan Pengukur). Jika pasang baru, maka instalasi di dalam rumah (instalasi setelah MCB di kWh Meter) adalah tanggung jawab pemilik rumah, dan dalam hal instalasi dan pemasangan yang ditunjuk adalah Biro Instalatir.
      Biro Instalatir adalah sarana jasa yang bergerak dalam pemasangan peralatan ketenagalistrikan, yang sah terdaftar dan mendapat ijin kerja dari PT PLN (PERSERO)/Pemerintah.

      Wassalam.

      PLN Area Rengat

  32. knpa listrik sering padam
    pdhl kami ngk pernah tlat bayar..
    Saya harap PLN bri kami kepuasan agr kmami tidak sering mengeluh..

    • knpa daerah kebun lado pemasangan kwh nya mahal
      tlng bri kejelasan brpa angran pemasangan kwh nya
      trima kasi

    • Yth Bp. Febry

      Terima kasih atas tanggapannya.
      Adapun listrik yang sering padam, disebabkan oleh adanya gangguan yang terjadi.
      Gangguan tersebut berasal dari alam, masyarakat, binatang, dll.
      Gangguan alam berupa adanya pohon tumbang,ranting pohon yang menempel di jaringan,angin kencang,jaringan tersambar petir,dll
      Gangguan masyarakat berupa adanya ditemukan benang layang-layang yang menempel di jaringan.
      Gangguan binatang berupa, monyet yang menempel di jaringan, kelelawar yang menempel, dsb.
      Kami mohon maaf atas pelayanan yang tidak maksimal dari kami.

      Terima Kasih,
      Wassalam.

      PLN Area Rengat

  33. izin bertanya,
    apakah naik daya ada di kenakan biaya?

    • Yth. Bp. Putra

      Terima kasih atas pertanyaanya, perlu kami informasikan bahwa untuk saat ini naik daya DIKENAKAN biaya, Biaya yang dikenakan adalah : Daya Pasang Baru – Daya Terakhir Terpasang x Rp.750 ditambah dengan biaya Materai.

      Misalkan :

      Bapak memiliki daya terpasang di rumah tinggal Bapak 900 kVA, dan hendak naik daya ke 1300 kVA, maka biaya yang harus dibayar adalah :
      (1300 – 900)kVA x Rp. 750 = Rp.300.000
      maka yang akan dikenakan Biaya Pasang Baru sebesar Rp.300.000 + Rp.3.000 (Biaya Materai).

      Jika Bapak membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan hubungi (0761) 123 dari Handphone atau daftar online di http://www.pln.co.id

      Terima kasih
      PLN Area Rengat

  34. Saya pelanggan yg tdk pernah ada tunggakkan dan taat hukum/aturan dr jam 12 siang s/d 12 malam ini kok lampu tempat saya hanya padam sebagian…???? Ada apa mohon kejelasan dong bung ? jgn sepihak saja..

    • Yth. Bp. Fatur

      Terima kasih atas keluhan yang Bapak sampaikan.
      Sebelumnya kami mohon maaf atas ketidaknyamanan pelanggan di daerah Taluk Kuantan.
      Perlu kami informasikan bahwa beberapa hari yang lalu telah terjadi gangguan Panel penyulang 2 GI Taluk Kuantan. Sehingga sistem kelistrikan Taluk Kuantan padam sebahagian.
      Untuk saat ini, proses perbaikan sedang dilakukan. Mohon doanya agar proses perbaikan tidak mengalami kendala.

      Terima Kasih
      PLN Area Rengat

  35. Sudah hampir 10jam lebih tempat saya padam hari ini. Mohon kejelasan dan informasi yg jelas. Krn pemadamannya kok hanya daerah kami saja. Sebahagian Teluk kuantan.

  36. Brapa jam lg ne matinya ud 2jam lbh g hidup2,apa kyk kmarin lg..hdp bntr padam lg smpai nth brp jam,dini hari hidup..pagi mti lg..apa khabisan gas ya..

    • Yth. Bp. Rian

      Terima kasih atas tanggapan dari Bapak.
      Kami mohon maaf sebelumnya atas pelayanan yang tidak maksimal dari kami.
      Adapun penyebab pemadaman bergilir beberapa hari yang lalu, dikarenakan terjadi gangguan 3 unit mesin PLTMG Lirik, dan untuk saat ini gangguan 2 unit mesin telah teratasi dan 1 unit lagi dalam proses pekerjaan perbaikan.

      Terima kasih
      PLN Area Rengat

  37. Mat malam bpk trimksih atas tanggapanya……klo kemarin memang meyeluruh tiap rumaah bapak, tpi sekarang udah mulai stabil kyakNya pak…..

    • Yth. Bp. Bawor

      Terima kasih atas respon dari Bapak.
      Jika masih ada pertanyaan/keluhan bisa disampaikan di Blog ini atau langsung menghubungi Call Centre PLN di (0761) 123.

      Terima kasih
      PLN Area Rengat

  38. met mlm pak…mautanya kenapa kwh pln di daerah ukui tepatnya di desa bukit jaya sudah ada kok belum di pasang apa penyebabya

    • Yth. Bp. Anung

      Terima kasih atas pertanyaannya Pak.
      Maksud dari pertanyaan Bapak, apakah jaringannya sudah ada? sementara kWh meter belum terpasang? apakah Bapak sudah melakukan pendaftaran untuk menjadi pelanggan PLN? Jika Bapak sudah mendaftar jadi pelanggan kami dapat melacak sampai dimana proses pemasangan kWh di desa Bukit Jaya.

      Terima kasih
      PLN Area Rengat

  39. mlm pak…
    mau nanya pak… bbrpa hari ini kenapa listrik di wilayah sorek,pngkalan kuras sering mati lama y.. sjak tnggL 11 nov 2013…
    mohon informasinya pak…

    • Yth. Bp. Igit

      Terima kasih atas pertanyaannya Pak.
      Perlu kami beritahukan bahwa saat ini, wilayah pangkalan Kuras, Sorek, disupplai dari PLTMG Langgam dan PLTMG Langgam sedang mengalami gangguan mesin.
      Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini dan gangguan mesin ini akan segera diatasi.

      Terima kasih
      PLN Area Rengat

  40. Selamat malam bpk PLN rengat: pak kenapa kok arus Pln yg masuk d talang mulya kok gak setabil…untuk Tv aja kagak bisa……..apa msalahnya ,,apa lantaran baru pasang jdi blom pas. Gitu pak………..Tenk mat mlm.

    • Yth. Bp. Bawor

      Terima kasih atas tanggapan dari Bapak.
      Untuk saat ini, tegangan yang sampai di daerah Talang Mulya seharusnya sudah mencapai 220 V Pak. Karena daerah tersebut disupplai dari PLTD Siberida. Mohon infonya Pak, apakah hanya rumah bapak saja? atau seluruh rumah warga di daerah Talang Mulya kondisinya seperti itu?

      Terima Kasih
      PLN Area Rengat

  41. Belilas dari minggu lalu mati lampu hampir 8 jam per hari, maksudnya apa? Jangan aneh2 aja lah pln ini

    • Yth. Bp. Herry

      Terima kasih atas tanggapan dari Bapak.
      Perlu kami informasikan bahwa daerah Belilas dan sekitarnya sedang ada pekerjaan perluasan jaringan sampai ke Selensen, oleh karena pekerjaan tersebut, maka daerah Belilas dilakukan pemadaman untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
      Terima Kasih

      PLN Area Rengat

  42. Terima kasih atas infonya,dan saya mau bertanya apakah untuk kecamatan lubuk batu jaya sudah pindah ke pembangkit lirik,katanya kemarin dari pembangkit ombilin..terimakasih

    • Yth. Bp. Rian

      Terima kasih atas tanggapan yang positif dari Bapak.
      Kami informasikan kembali bahwa daerah Lubuk Batu Jaya sistem kelistrikannya sudah berasal dari PLTMG Lirik. Hal ini dikarenakan sistem Ombilin sedang mengalami defisit daya karena pemeliharaan dan gangguan mesin yang selama ini masih dalam proses perbaikan.
      Terima kasih

      PLN Area Rengat

  43. Apa memang daripln tdk ada lagi tanggungan intalasi masuk kerumah,hanya kilometer saja

    • Yth. Bp. Tirsan

      Terima kasih atas pertanyaannya Pak.
      Perlu kami informasikan bahwa PLN tidak lagi menanggung biaya instalasi di dalam rumah, dan untuk instalasi rumah tinggal,ruko,kantor,dll diserahkan ke Biro Instalatir Listrik.

      Terima Kasih

      PLN Area Rengat

  44. puas kau…. !!!! padam dari jam 6 sore sampai jam setenga 12 malam….!!!!
    .
    .
    .


    g punya otak…”!

  45. Kenapa hari ini tgl 22 oktober pln lama kali padamnya dari jam 6 sore sampai jam 10 juga blm hidup di kecamatan lubuk batu jaya?please u answer…

    • pln skarang g bisa di andalkan…
      mereka g tau malu…
      mungkin PLN waktu pembagian kemaluan g hadir jadi g punya malu…

      .
      .
      .
      .

      PLN taik…!!!

    • Yth. Bp. Rian Suhada

      Mohon maaf sebelumnya, atas pelayanan yang tidak maksimal dari kami.
      Pemadaman yang terjadi dikarenakan adanya gangguan mesin 1 unit di PLTMG dan sehubungan dengan gangguan transformator di PLTMG Lirik, maka 2 unit engine lagi tidak beroperasi dan sedang dalam pemeliharaan.
      Dalam kondisi beberapa hari ini, diinfokan akan ada pemadaman bergilir dan secara merata, baik di daerah Air Molek, Pematang Rebah, Rengat, hingga ke sistem Pengalihan Enok.
      Demikian diinformasikan.
      Wss.

      Terima kasih,
      PLN Area Rengat

  46. PLN Sungai Rumbai Dharmasraya tetap minta uang tbh daya pdhal sdh jd kttpan gratis sampai akhir oktober. Piye iki?

    • Yth Bapak Sofyan Tanjung

      Sebelumnya kami ingin memberikan informasi bahwa untuk tambah daya memang masih gratis sampai dengan 31 Oktober 2013 di seluruh Indonesia, dengan ketentuan sebagai berikut :

      Daya 450 VA naik menjadi Daya 1300 VA, 2200 VA, 3500 VA
      Daya 900 VA naik menjadi Daya 1300 VA, 2200 VA, 3500 VA
      Daya 1300 VA naik menjadi Daya 2200 VA, 3500 VA
      Daya 2200 VA naik menjadi Daya 3500 VA

      Untuk pelanggan Prabayar (listrik pulsa) hanya akan dikenakan biaya untuk pembelian token awal minimal Rp. 5.000 (yang akan diisikan ke dalam kwh meter prabayar pelanggan)

      Dan untuk pelanggan Pascabayar hanya akan dikenakan biaya UJL yang disesuaikan dengan Tarif dan Daya listrik yang bapak gunakan.

      Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga dapat membantu.

      PLN AREA RENGAT

  47. mau berapa kali pln ini padam…. suda tidak terhitung dlm sehari ini…
    sungguh keterlaluan…. !!!!

  48. hari ini 1x 24 jam suda 5 x terjadi pemadaman…!!!
    srbenarnya apa sich maunya Pln ini…
    kami bisa memaklumi asal jalas giliran pemadaman itu kalau memang pembangkit listriknya itu rusak…
    5 x padam dlm 1 hari…!!! lamanya setiap padam rata-rata 2jam bahkan ada yang sampai 4 jam…!!!

    bapak yang terhormat…coba bayangkan usaha kami semua tergantung dengan listrik sudah berapa kerugian yg kmi alami selama 1 bln terakhir ini gara-gara setiap hari terjadi pemadaman…blum lagi alat2 elektronik kami banyak yg rusak…
    coba bapak pikirkan hal itu…

    pemerintah sedang gencar-gencarnya memberantas kemiskinan tapi masyarakat berusaha supaya bisa cari makan di kendalakan karena listrik yg pedam secara membabi buta… dimana letak hati nurani bapak…

    kalau memang alat pembangkit listrik itu rusak.. bapak sebagi pimpinan tentunya mempunyai tenaga ahli untuk mengurus itu..seandainya tenaga ahli itu tidak bejus kerjanya PHK dan cari tenaga ahli lain bila perlu datangkan dr luar negri…suda berjalan 2 bln ini seperti ini…kami diperlakukan spt ini…
    saya kontak teman” saya di pekan baru kata mereka tidak terlalu sering mati lampu kalau pun mati itu tidak lama tidak sampai berjam2.itu artinya bapak suda mempermainkan kami…

    coba pikirkan…!!!

  49. apa lah kerjaan pln ini…
    kemarin tgl 9 september 2013 mati dri jam setenga 1 sampai jam setenga 6 kemudian mlmnya mati lagi dr jam 20:00 sampai jam 22;00 kemudian paginya mati lagi dri jam 8 sampai sekarang…

    yang saya tanyakan ” APAKAH INI YANG DINAMAKAN PEMADAMAN BERGILIR ???? ”

    BAYAK MATINYA DR PADA HIDUPNYA

    “SARAN”

    KALAU MENURUT SAYA INDONESIA JANGAN HANYA PUNYA PT. PLN SAJA UNTUK MENYEDIAKAN LISTRIK TAPI SETIDAKNYA ADA 2 SAPAI 3 PERUSAHAAN YG BERGERAK DI BIDANG PENYUPLAY LISTRIK SEHINGGA PT.PLN YG SEKARANG ADA DAPAT BERSAING UNTUK MEMUASKAN PELAYANAN TIDAK SEMENAH2 SPT SEKARANG.
    CONTOHNYA INDONESIA MEMPUNYAI BANYAK OPERATOR SELULER TELKOMSEL, XL, MENTARI DLL SEHINGGA PELANGGAN BERHAK MEMILIH OPERATOR MANA YG MEREKA ANGGAP BAGUS DLM PELAYANAN DAN TARIP.

    COBA KALAU HANYA SATU SPT PLN INI AJA SAYA RASA PLN BUTUH ADA SAINGAN BISNIS SEHINGGA PT. PLN DAPAT BERFIKIR BAKALAN KEHILANGAN PELANGGAN KALO SERING” TERJADI PEMADAMAN ”
    TERIMA KASIH

    LANJUTKAN MATI LAMPUNYA……!!!

  50. ikut nimbrung nih
    ada sedikit pertanyaan di tetangga punya listrik prabayar tapi pasang grond tidak ada masalah di kwh nya mah di warung nya nyambung pake kabel 1 netralnya dari tanah begitu aku praktekin di kwh saya ko ada tulisan priksanya kenapa ya ?

    • Yth Bapak Saniman

      Untuk listrik prabayar dilengkapi dengan security (keamanan) tersendiri sehingga untuk melakukan konfigurasi wiring (pengkabelan) harus dilakukan oleh pihak yang telah mendapat ijin dari PLN. Jika Bapak ingin merubah konfigurasi kabel (untuk grounding), terlebih dahulu Bapak harus melaporkan masalah ini kepada PLN agar petugas kami yang akan membantu Bapak, karena jika pelanggan membuka cover dari kwh meter prabayar, kwh meter prabayar terebut akan terkunci dan menjadi tidak berfungsi.

      Demikian yang dapat kami informasikan, semoga dapat membantu.

      PLN AREA RENGAT

  51. yth bpk kepala pln,
    Saya cuma mau br tanya kenapa ya penyaluran pln ko mahal sekali hingga 3500.000.000 apa memang tarif pemasangan dari pihak sebesar itu,
    Des.talang mulya kec.batang cinaku Inhu:…
    Terim kasih. …

    • Yth Bapak Sogut

      Untuk Biaya Penyambungan Listrik dari PLN sudah diatur dalam Tarif Dasar Listrik (TDL) yaitu sebagai berikut :

      Daya 450 VA sampai dengan 2.200 VA adalah Rp. 750/VA
      Daya diatas 2.200 VA sampai dengan 200 KVA adalah Rp. 775/VA

      Jadi biaya untuk penyambungan listrik akan menyesuaikan dengan Daya yang Bapak inginkan.

      Contoh Ilustrasi :

      Bapak ingin melakukan penyambungan listrik dengan Daya 900 VA (atau sering disebut 900 watt), maka perhitungan biaya penyambungan listriknya adalah :
      900 VA X Rp. 750 = Rp. 675.000
      Token (pulsa) awal Rp. 20.000
      Total = Rp. 695.000
      Materai = Rp. 3.000
      Jadi biaya yang harus Bapak bayar kepada PLN adalah Rp. 698.000

      Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga dapat membantu.

      PLN AREA RENGAT

  52. yth bpk kepala pln,
    Saya cuma mau br tanya kenapa ya penyaluran pln ko mahal sekali hingga 3500.000.000 apa memang tarif pemasangan dari pihak sebesar itu,
    Des.talang mulya kec.batang cinaku Inhu:…
    Terim kasih.

  53. Yth Bpk Pimpinan PLN

    Kami mengucapkan terima kasih banyak atas bantuan dalam menanggapi keluhan kami. Hari ini meteran kami telah terpasang semua pak. Mudah mudahan blog ini bermanfaat bagi pelanggan PLN yang lain dalam menyampaikan keluhannya.

    • Yth Bpk Wawan

      Terima kasih atas tanggapan yang positif dari bapak, kami berharap dan akan selalu berusaha untuk dapat melayani pelanggan dan masyarakat dengan semaksimal mungkin.

      PLN Area Rengat

  54. nah… kalo.begitu jelas… dan sampaikan.pada masyarakat.. jd g kami bisa memaklumi…
    sampaikan pada masyarakat klo ada pemadaman bergilir…
    ni.sekarng mati lapu.. lg… aseeekkk mati lampu terus…!!!

  55. malam ini pemadaman yg ke2 jam 22 : 10
    yakin saya akan hidup lg jam 00:00
    Dasar gak punya otak… !!!?

    • Yth. Bp. Ruddy

      Ass.Wr.Wb

      Mohon maaf sebelumnya, atas pelayanan yang tidak maksimal dari kami. Sebelumnya kami informasikan bahwa daerah Lubuk Batu Jaya, sistem kelistrikannya disuplai dari PLN Rayon Taluk Kuantan, dan PLN Rayon Taluk Kuantan sendiri mendapat suplai dari sistem Sumatera Bagian Barat.
      Daerah Lubuk Batu Jaya, sama seperti halnya dengan sistem Pekanbaru, dimana terjadi pemadaman bergilir lebih dari 2 jam, adapun hal ini terjadi dikarenakan mesin pembangkit pada PLTU Ombilin sedang menjalani masa pemeliharaan terencana (Overhoule) dan adanya mesin pembangkit yang mengalami gangguan, sehingga terjadi defisit daya yang cukup besar terjadi.
      Kami mohon doa kepada seluruh pelanggan setia PLN agar pemeliharaan dapat berjalan dengan baik dan lancar, serta mesin yang mengalami gangguan dapat diperbaiki secepatnya.
      Mohon maaf atas pelayanan kami.
      Wss.

      Terima kasih,
      PLN Area Rengat

  56. yth bapak kepala pln rengat
    sepertinya blog ini tiada gunanya lagi, dikarenakan tidak merespon lagi keluhan2 yg disampaikan, kalau memang pihak pln tidak merspon lagi, lebih baik blok ini ditutup aja. tq

    • jangan buk… nanti kita tidak..bisa maki-maki mereka lg…!! hahahaha….!!!

    • Yth. Ibu Rosita

      Mohon maaf sebelumnya, jika kami lama merespon keluhan pelanggan.
      Kedepannya kami akan lebih responsif menanggapi keluhan-keluhan yang disampaikan.
      terima kasih.

      Terima kasih,
      PLN Area Rengat

  57. ini.. jam segini baru hidup…!!! dr jam 13:45 mati.dan hidup 16:15

  58. hri ini pln padam jam 13:45… lanjutkan……!!!
    lokasi lubuk batu jaya….
    lontong sayar….!!!

  59. dan hari ini pemadaman yg ke 2 terjadi tepat pukul 18:00 wib..
    pantas bukan kalo saya ucapkan kata’ kotor pada kalian…!!?
    terkutuk…..!!?

  60. ini bru hidup lg. mati 10:30 dN hidup jam 12:30
    puas anda…!!

  61. hari ini juga terjadi pemadaman.. jam 10:30…
    apa anda juga blm.percaya….!!!!!
    bapak.yg terhormat….!!!

  62. tadi terjadi pemadaman jam 20:00 yala jam 22:00 berarti padam yg kedua lamanya 2jam
    pemadaman yg pertama lamanya 3 jm lebih..
    berarti dlm 1 hri ini suda 5jm lebih… kita tunggu besok pgi…!!! ya… bapak yang TERHORMAT…!!!?

  63. hari ini tanggal 27 septmber 2013 suda 2 x terjdi pemadaman jika anda tidak percaya…..!??
    umat islam mau melaksanakan
    solat jumat terjadi padaman
    sekarang terjadi pemadaman jam
    12:16 wib dan menyala jam 15:00 wib
    dan sekarang terjadi pemadaman jam 20;00 wib
    saya yakin akan menyala lagi jam 00: 00 mungkin bisa lebih..saya ingin anda turun.kelapangan
    jadi tau fakta di lapangan kalau
    anda di kantor saja bagaimana
    anda akan percaya dengan fakta ini… mana tanggapan ada…!!?

    coba anda jdi pelanggan apa yg akan anda lakukan….!!?
    lokasi kami di kecamatan lubuk batu jaya

  64. kepada yth kepala pln cabang Rengat;
    setelah lebih kurang 2 minggu dan harus beberapa kali kami protes ke kantor pln rengat, akhirnya 5 bh meteran prabayar yg kami komplane akhirnya hari ini tgl 27 september 2013 sekitar jam 15.30 telah ditukar dan terpasang, kami harapkan utk kedepan janganlah ada kejadian seperti ini terjadi, kalau memang pln maju dan bersih. terima kasih

  65. lokasi saya di kecamatan lubuk batu jaya…

  66. ini jika anda tidak percaya…..!?? umat islam mau melaksanakan solat jumat terjadi padaman sekarang terjadi pemadaman jam 12:16 wib dan tidak tau jam berapa akan hidup…
    saya ingin anda turun.kelapangan jadi tau fakta di lapangan kalau anda di kantor saja bagaimana anda akan percaya…!!!??

  67. Good Job team P2TL Area rengat. semoga PLN BERSIH tercipta di rayon airmolek. masih banyak lagi Pak yang bermain…!
    kami siap membantu untuk Id Pel dan data lapangan yang diduga dilakukan oleh oknum, outsourcing, cater dan biro liar yang legalitas formalnya tidak jelas. Terima Kasih.

    • Terima Kasih Pak…
      Kami akan selalu memberi pelayanan yang terbaik. Informasi yang diberikan terhadap pelanggaran-pelanggaran yang terjadi akan kami tindaklanjuti. Mohon kerjasama dan tindakan kooperatif dari masyarakat, rekanan, dan stakeholder demi menjaga PLN tetap Bersih.

      Terima Kasih
      PLN Area Rengat

  68. ok… kalo anda tidak percaya atas pemadaman ini… silahkan
    saya minta nomor hp anda saya akan beri info ke anda jika terjadi pemadaman.
    kalo 1 hari itu mati sampai 3 x dan setiap mati itu 2 jam apa gak.namanya 6 jam…
    pemadaman di daerah kec. kelayang dan lubuk batu jaya.. silahkan kontak yg anda kenal di daerah itu.. hari ini pada tanggal 25 s/d 26 september 2013 terhitung mulai tgal 25 septm jam 17.00 wib terjadi pemadaman dan hidup jam 18.30 wib kemudian terjadi seperti lampu disco.mati hidup sampai 4x.. dan tanggal 26 septm mulai terjadi pemadaman lagi sekira jam 5 subuh dan hidup jam 7.00 kemudian terjadi pemadaman kembali sekira jam 10.00 dan hidup sekira jam 11:30 sampai saya posting ini masi menyala… !!! hal tersebut itu suda rutin di lakukan PLN suda ada terjadi dalam kurun waktu 1 bln lebih… kalau anda tidak percaya dengan fakta ini silahkan turun kelapangan di daerah lubuk batu jaya tanyakan.kepada pelanggan..
    yang kami kesalkan pemadaman itu seperti membabi buta.. kadang jam 20;00 hidup jam 22:00 kadang jam 22: 00 hidup jam 00:00 klo jam 00:00 matinya maka jam 2:00 dini hari bru hidup.. itu terjadi setiap hari..
    jika tidak spt itu gak mungkin saya lontarkan kata” kotor pada anda…!!! suda habis kesabaran kami…!!!

  69. sebagai tambahan kami infokan bahwa pengurusan kami di kantor pln dan sdh bayar via kantor pos sdh lebih 1 minggu. terima kasih

  70. Baik pak, kami infokan idpel yg sdh kami bayar pada kantor pos rengat sbb ;184101063239, 184101063247, 184101063014, 184101063022 dan 184101003322, disini kami upayakan mendukung program pln untuk menggalakkan ke sistim prabayar, tetapi kalau cara kerja petugas lapangannya begini, kami sangat kecewa dan menyesal migrasi ke prabayar, padahal dgn pindah ke prabayar kami harus bayar dulu baru bisa gunakan listriknya. sekian keluhan dari kami sebagai pelanggan pln cabang rengat, semoga dgn laporan kami ini tidak terulang lagi kasus yg serupa ini. terima kasih

  71. Kepada Yth bpk pimpinan PLN
    Saya mau mengkonfirmasikan bahwa sampai saat ini meteran kami belum terpasang juga. Jadi apa langkah selanjutnya yg harus kami ambil pak? Knapa pelayanan PLN yg diterapkan ditempat kami tidak mendapatkan teguran dan seakan mereka memanfaatkan hal ini sebagai lahan mereka untuk mencari keuntungan buat mereka. Kalau begitu percuma saja MOTTO PLN yg katanya BERSIH itu pak..jd kapan kami bisa menikmati pelayanan PLN dengan Hati dan menjadikan Listrik untuk kehidupan yg lebih baik. Kami sangat mengharapkan bantuan bapak untuk dapat membantu kami kalau memang PLN itu BERSIH.

    Terimakasih

  72. mana tanggapannya pak ?

    • idpel kami yg migrasi sdh lebih dari satu minggu dan no sbb;
      184101063239, 184101063247, 184101063014, 184101063022, 184101003322. terima kasih

  73. kalian semua disumpai warga memadamkan listrik seenak kalian..gak tau waktu magrib kalian padamkan… makan gaji buta kalian…!!!!! malam ini tadi saat magrib mati hidup jam 9 dan sekarang jam 1.18 kalian padamkan lagi.. kalo pun ada giliran pemadaman maka di infokan kepada pelanggan…mau kalian kantor kalian kami serang….!!!

    • Ass.Wr.Wb

      Mohon maaf sebelumnya, atas pelayanan yang tidak maksimal dari kami dan terima kasih atas hinaan yang telah Bapak sampaikan.
      Bolehkan kami tau dimana daerah yang padam sampai 6 jam tersebut?
      Karena, di Area Rengat sendiri sudah tidak ada lagi pemadaman bergilir atau pemadaman yang dilakukan dengan rentang waktu yang lama. Pemadaman yang terjadi sesaat dikarenakan adanya gangguan pada sistem kelistrikan kami, bukan dengan sengaja kami lakukan. Orientasi pelayanan kami adalah kepuasan kepada pelanggan listrik PLN.
      Atas keluhan Bapak yang menyatakan bahwasanya tidak ada informasi pemadaman, akan kami perbaiki lagi.
      Wss.

      Terima kasih,
      PLN Area Rengat

  74. pln koyo taek…!!!
    ,mati terus gak.menetu…!!
    setiap hari mati sampai 3x lamanya 6 jam
    anji*ng….!!!!

  75. ok ibu rosita kita akan melakukan pengecekkan di sistem kami, mohon ditunggu untuk proses penggantiannya, jika dalam waktu 3 hari petugas kami tidak melakukan penggantian maka kami mohon kepada ibu rosita untuk menginfokan kembali kepada kami

    terima kasih

    PLN AREA RENGAT

  76. saya pelanggan PLN, saya pasang jaringan listrik di perumahan ternyata tertukar dengan pelanggan lain,
    1. kenapa untuk memperbaikinya harus bongkar meteran listrik
    2. dengan adanya database pelanggan, sya kira tinggal mengganti nama dan nomor rekening pelanggan ?

    • Yth Bpk Asep Mulyana

      1. Hal tersebut memang harus dilakukan pembongkaran dan pemindahan meteran listrik nya pak, hal ini dikarenakan Kwh Meter tersebut telah teraktivasi dengan data pelanggan yang bersangkutan.
      Data pelanggan dan lokasi kwh meter tersebut telah terkunci dengan id pelanggan dan nomor kwh meter tersebut, sehingga jika terjadi salah lokasi pasang atau tertukar dengan pelanggan lain maka pada saat pencatatan meter (pascabayar) atau pada saat pengisian pulsa (prabayar) akan mengalami masalah.

      2. Jika ingin mengganti nama pelanggan bapak bisa saja mengajukan permohonan penggantian Nama Pelanggan ke kantor PLN dengan membawa syarat-syarat yang dibutuhkan.

      Namun untuk kasus yang bapak laoprkan ini memang jalan keluarnya adalah memindahkan kwh meter tersebut ke lokasi dan pelanggan yang seharusnya.

      Terima kasih,

      PLN AREA RENGAT

    • kepala pln yth; kapan ya kira2 jawaban atau tanggapannya bila ada laporan atau pertanyaan masuk ke instansi bapak. t kasih

    • Yth Ibu Rosita

      Mohon maaf sebelumnya, melalui media apa ibu melakukan pelaporan atau pertanyaan ke pihak PLN ?
      Jika ibu melakukan pelaporan melalui Call Center 123 maka laporan ibu tersebut akan langsung ditanggapi oleh unit yang terdekat dengan lokasi ibu.
      Blog ini hanya membantu untuk menanggapi keluhan, saran dan kritik dari pelanggan PLN. Kami juga menerima pertanyaan, keluhan, saran dan kritik melalui email opi.rengat@gmail.com dan sebisa mungkin kita akan memberikan jawaban kepada pelanggan.

      Terima kasih.

    • yth kepala pln rengat;
      kami menulis keluhan dimedia ini juga pada tgl 21 sept kemaren yg posisi tulisan kami pada bagian paling bawah pak. terima kasih

    • Yth Ibu Rosita

      Keluhan ibu pada tanggal 21 september yang mana ya bu?
      disini kami melihat postingan dari ibu hanya ada yang tanggal 22 september yang isinya “salah satu idpel kami adalah 184101063239″

      Dan untuk postingan itu sudah kami balas pada tanggal 23 september bu, mohon untuk dapat di cek lagi pada blog ini.

      Terima kasih

      PLN Area Rengat

    • s’lamat siang pak, mohon dijawab postingan kami dibawah bog ini, terima kasih

  77. Dengan hormat kepada bapak pimpinan PLN Rengat, saya ingin mengajukan keluhan sy bahwa mengapa pemasangan meteran listrik di daerah kami wilayah kab. Rokan Hulu sangatlah susah,selalu kami dipersulit. udah beberapa kali kami konfirmasi kekantor mereka mengatakan meteran belum keluar, kemudian setelah beberapa waktu kemudian kami dikonfirmasi mereka meminta tambahan biaya sebesar Rp. 1.600.000 dengan alasan untuk setoran ke biro karna berkas yang menguruskan biro apa bila meteran mau cepat dikeluarkan. apabila kami cek distatus pelanggan seharusnya meteran kami sudah terpasang tgl 31/07/2013.

    kami mohon bantuan bapak pimpinan PLN agar kami jga bisa secepatnya menikmati PLN. Ini nomor registrasi kami dan teman-teman yang sama-sama kami mendaftar : 1816012007432,1816012007225,1816012007224,1816012007223,1816012007222,1816012007221

    • Ass. Wr. Wb
      Terima kasih atas informasi yang diberikan Pak.
      Blog ini dibuat untuk menanggapi keluhan-keluhan dari pelanggan PLN di Area Rengat, namun kami akan coba membantu keluhan yang Bapak sampaikan.
      Adapun biaya sebesar “Rp. 1.600.000 dengan alasan untuk setoran ke biro karna berkas yang menguruskan biro apa bila meteran mau cepat dikeluarkan” (kutipan pernyataan Bapak) adalah pungutan liar yang menguntungkan pihak terkait.
      Mohon bantuannya untuk mengirim detail no.registrasi dan nama calon pelanggan tersebut ke email opi.rengat@gmail.com agar keluhan ini dapat kami teruskan ke Rayon PLN terkair.
      Jika Bapak ingin membantu kami untuk memberi tahu “Biro/Oknum Nakal” dengan mengirimkan nama biro/oknum tersebut ke alamat email diatas. Adapun kerahasiaan pengirim data akan kami jamin kerahasiaannya.

      Mohon bantuan kooperatif dari Masyarakat dimanapun yang menemukan penyimpangan/pelanggaran.

      Terima Kasih

      PLN Area Rengat

    • Yth Bpk Wawan

      Keluhan bapak telah kami tanggapi dan kami telah melaporkan ke PLN rayon terkait untuk segera dilakukan pemeriksaan dan penyambungan. Mohon untuk dapat memberikan informasi jika penyambungan telah dilakukan, namun apabila dalam waktu 1 minggu belum juga dilakukan penyambungan mohon agar bapak dapat meberikan informasi nya kepada kami.

      Terima kasih.

      PLN Area Rengat

    • terimkasih banyak atas bantuannya pak..apabila dalam waktu 1 minggu belum juga terpasang saya akan segera menkonfirmasikan lagi ke bapak

    • salah satu idpel kami adalah 184101063239

    • Yth Ibu Rosita

      Permohonan Pasang baru yang ibu ajukan sedang dalam proses, dalam sistem tercatat ibu mendaftar dan melakukan pembayaran pada tanggal 16 sept 2013, mohon kepada ibu untuk menunggu petugas kami melakukan penyambungan. Jika dalam waktu 3 hari petugas kami belum melakukan penyambungan, silahkan ibu konfirmasi ulang kepada kami.

      Terima kasih.

      PLN Area Rengat

    • maksud kami blog ini yg paling bawah, terima kasih

  78. Kpd pihak pln knp sampai saat ini.msh jg trjd pemadaman lstrik.hampir 2bln lbh.apa tdk ada upya perbaikan??smentara tahigan rekening listrik tetap.bahkan malah melambung.alamat saya daerah taluk kuantan.desa f4 kec sengingi..bila mana tdk ada penyeselesaianya ,mungkin pihak pegawai pln tdk mempunyai kemapuan mengatasi permasalhan yg ada.sementara konsumen setiap bulan membayar tagihan rekening listrik. Apa mngkn kami harus melapor kpd BPK PRESIDEN SBY.agar ada jln penyelesaianya??

    Hormat kami konsumen pln yg merugi.

    • Ass. Wr. Wb
      Mohon maaf sebelumnya atas ketidaknyamanan pelayanan kami.
      Kami menyadari hal tersebut Pak, dan kami juga tidak ingin pelanggan kami dirugikan oleh gangguan yang terjadi. Adapun penyebab kenapa daerah di sekitaran Taluk Kuantan mengalami pemadaman, dikarenakan aliran Listrik yang mengalari ke daerah tersebut berasal dari sistem Sumatera Bagian Tengah (SUMBAGTENG), dan pada saat ini mesin pembangkit sistem Sumbagteng sedang mengalami defisit (kekurangan) daya mampu dikarenakan adanya mesin yang mengalami gangguan. Kita sama-sama berdoa agar penyelesaian perbaikan dapat terlaksana dengan cepat dan tepat, sehingga pemadaman yang terjadi dapat dituntaskan.
      Kami akan berusaha sebaiknya untuk tetap memberikan pelayanan terbaik.
      Terima Kasih.

      PLN Area Rengat

  79. sering kabel di gigitin tikus sedangkan kwh ngga prabayar ngga boleh ada kabel yang terlupas ini mah merugikan konsumen dan menguntungkan pln ini ngga adil kalau boleh usul kwh prabayar biar kaya kwh biasa walu ada kabel terkupas pun ngga masalah dan apa bila konsumen buka bok mcb baru listri terputus dan harus panggil petugas pln buat di cler jemper

    • Ass. Wr. Wb
      Terima kasih atas pemberitahuannya Pak,
      Kasus ini akan kami pelajari lebih lanjut, dan buat masukan tentang buka box MCB tersebut, akan coba kami buat simulasinya,

      Terima Kasih.

      PLN Area Rengat

  80. Kepada Yth. PLN Kota Rengat
    Mohon konfirmasi mengenai taghan rekening listrik no rek 184100085061 an. syufriadi, dikarenakan tagihan listrik kami bulan september 2013 sebesar Rp. 171.307,- padahal pemakaian hanya untuk lampu dan rumah tersebut tidak ditempati, biasanya tagihan hanya sebesar Rp. 27.000 rata-ratanya, hal ini sudah yang keduan kali terjadi,
    pada tanggal 31 agustus 2013 meteran menunjukkan angka 9253, sedang ditagihan yg pencatatan dilakukan tanggal 26-08-2013 tertulis meteran akhir sebesar 9530, untuk itu mohon menjadi perhatian dan mohon dikoreksi kembali sebelum akmi melakukan pembayaran, karena kami tidak merasa manggunakan listrik sebesar itu
    Terima kasih

    • Yth Bapak Syufriadi,
      Sebelumnya kami mohon maaf atas kelalaian kami pada saat melakukan proses catat meter. Stand Rekening bapak telah kami cek dan ternyata kesalahan memang ada pada kami. Rekening bapak telah kami koreksi dan untuk rupiah tagihan bapak sudah berubah sesuai dengan pemakaian bapak.

      Terima kasih atas informasi dan keluhan yang bapak sampaikan.

      PLN Area Rengat.

  81. Saya mau tanya, gimana caranya pasang baru/naik daya lewat online

  82. Yang terhormat bapak pimpinan PLN pusat sul-sel saya ingin mengajukan keluhan sy bahwa mengapa pemasangan meteran listrik di daerah kami wilayah kab.sidrap sangatlah susah,selalu saja kami dipersulit dgn alasan meteran listrik tdk ada padahal kami sdh 3 kali melapor bahkan juga telah berulang kali mendaftar hingga skrg sdh 5 thn kami menunggu jawaban namun ada sj alasan dari pihak PLN sidrap padahal klu dipikir jarak tiang listrik dari rumah kami tdk lah jauh dan mengapa sy lihat klu orang yg punya banyak duit meterannya cepat terpasang padahal kami dgn mereka tdk adalah bedanya sama2 mau menikmati listrik dan sama” membayar…!!!
    mohon penjelasan dan klu bisa dicek ulang kebenarannya dan ditindaki secepatnya,trima kasih..!!!!!!!

    • Mohon maaf Bapak Alfons sebelumnya, blog ini sebenarnya dibuat untuk menanggapi keluhan-keluhan dari pelanggan PLN di area Rengat, namun kami sangat berterima kasih dan sangat bangga karena ternyata blog ini sudah dibaca oleh pelanggan PLN sampai di daerah Sulawesi Selatan.
      Untuk mengatasi pengaduan yang bapak sampaikan, kami terlebih dahulu akan melakukan pengecekkan status pelayanan kepada pelanggan, untuk itu kami mohon bantuan bapak agar dapat memberikan informasi kepada kami berupa Nomor Registrasi atau Nomor Agenda yang bapak dapatkan pada saat melakukan pendaftaran pelanggan PLN agar kami dapat mengecek status permohonan pendaftaran bapak.
      Nomor registrasi atau Nomor agenda dapat bapak kirimkan melalui komentar pada blog ini atau dapat bapak kirimkan ke email opi.rengat@gmail.com

      Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, terima kasih.

  83. Bapak direksi PLN INHU, mengapa jalur PLN CABANG SEBERIDA dibelakang kantor kecamatan belilas sering terjadi pemadaman (giliran) dalam tiga hari sekali. itu terjadi pada jam 17.30 sampai 21.00. atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

    • Ass. Wr. Wb
      Mohon maaf sebelumnya atas ketidaknyamanan pelayanan kami.
      Adapun kondisi pemadaman yang dilakukan tiba-tiba terlepas dari adanya gangguan, baik gangguan alam,spt hujan,angin,pohon tumbang, dll maupun gangguan yang disebabkan oleh layang-layang yang akhir-akhir ini menjadi penyebab gangguan jaringan PLN.
      Kami akan berusaha sebaiknya untuk tetap memberikan pelayanan terbaik.
      Terima Kasih

      PLN Area Rengat

  84. Kepala PLN Rengat,Dimana hati nurani kalian ,disaat org2 islam ingin berbuka dan sahur kalian seenaknya mematikan listrik,padahal kami g prnh ada tunggakan… Jika kalian punya agama pastinya kalian akan lbh menghargai org2 nmuslium yg akan beribaadah…

  85. PLN Rengat tak adde otak ee,tak mikir org sdg bebuke. Dasr g ade otak e

  86. PLN rengat g punya otaak, setiap berbuka lampu srg dimatiin, jika kalian bkn muslim tlg hargai agama islam dunk… Mana matiin mpe 4-5jam lagi, dsr g ada rasa kemanusiaan.

    • sebelumnya kami memohon maaf karena masih terjadi pemadaman pada saat waktu berbuka puasa, hal ini bukan semata-mata kami sengaja untuk mematikan listrik masyarakat. Namun dikarenakan adanya 2 unit mesin pembangkit kami yang mengalami gangguan, sehingga kami diharuskan untuk melakukan pemadaman bergilir di area rengat. Peran serta masyarakat untuk berhemat listrik pada saat beban puncak (sekitar pukul 17.00-22.00) sangatlah membantu kita bersama, cukup dengan mematikan 1 buah bola lampu disetiap rumah akan sangat membantu untuk bersama-sama menganggulangi waktu pemadaman bergilir.
      Kami juga mohon doa dan dukungan dari masyarakat agar kami bisa secepatnya memperbaiki mesin pembangkit kami agar pemadaman bergilir tidak terjadi lagi di area rengat.
      terima kasih.

  87. kepada bapak/ibu kepala pln tembilahan. saya sekedar mau beri saran nie.. sebaiknya banyak cek untuk usaha yg memerukan daya besar sperti warnet dan rental ps untuk segera rubah meterannya menjadi prabayar. masalahanya hampir 100% usaha tersebut bekerja sama dengan biro pln untuk melakukan kecurangan meteran. ini demi kebaikan pln dan kinerja mesin jg supaya pemakaian di lokasi masing” cukup dan tidak ada pemadaman bergirir lagi terima kasih.

    • Ass. Wr. Wb
      Terima kasih atas informasi yang diberikan Pak..
      mohon bantuannya juga Pak, apabila bapak menemukan penyimpangan-penyimpangan yang terjadi dan bapak memiliki bukti yang kuat, kami mohon bantuannya untuk memberikan informasi tersebut.
      Adapun kerahasiaan pengirim data akan kami jamin Rahasia.
      Mohon bantuan kooperatif dari Masyarakat dimanapun yang menemukan penyimpangan/pelanggaran.

      Terima Kasih

      PLN Area Rengat

  88. Andai saja para kepala pemerintahannya bijak & tegas seperti pak jokowi & ahok ; gubernurnya, bupatinya, camatnya, kepala desanya, pasti PLN tidak seperti ini sebentar-sebentar mati terus listriknya. Seharusnya para kepala pemerintahannya tidak tega melihat seluruh warganya diperlakukan seperti ini. Para kepala pemerintahannya harus tegas untuk masalah PLN yang sering mati, patut dicontoh seperti jokowi & ahok, jika PT.PLN yang saat ini tidak sanggup, beri saja waktu toleransinya beberapa bulan untuk mengatasinya, jika memang benar-benar tidak sanggup, cabut saja ijinnya & carikan PT lain yang sanggup. Jika seperti ini terus silahkan tunggu saja sampai pada saatnya kemarahan seluruh warga meluap, & walau begitu saya tetap berharap pada saat itu tidak terjadi tindakan anarkis yang tidak kita inginkan bersama. “SOLUSI” agar tidak sering mati lampu. Cuma itu. Terimakasih.

    • Ass. Wr. Wb
      Mohon maaf sebelumnya atas ketidaknyamanan pelayanan kami, gangguan-gangguan yang terjadi (Padam) adalah hal yang tidak kami inginkan. Gangguan-gangguan yang terjadi disebabkan oleh jaringan kotor (banyaknya pohon yang sudah melintasi jaringan), hewan yang tersangkut di jaringan (ditemukannya monyet dan kelelawar dijaringan), layang-layang di jaringan dan kondisi alam yang tidak bisa diprediksi. Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini.
      Kami akan selalu berusaha memberi pelayanan yang maksimal.
      terima kasih..
      PLN Cabang Rengat

  89. Assalamualaikum.wr wb. sebelumnya mohon maaf, kenapa kok listrik setiap hari bisa mati s/d 5X bahkan lebih, jelaskan kepada kami apa alasan yang masuk akal & dapat kami terima kenapa kok bisa mati berkali-kali hampir setiap hari? bapak/ibu PLN pernah coba pikirkan tidak, kira2 berapa kerugian setiap kali mati lampu per-individu warga BELILAS ?. jika di hitung secara keseluruhan 1X mati lampu sudah berapa kerugiannya??. Usaha kami berhenti pemasukannya jika mati lampu! Kewajiban kami membayar listrik sudah kami bayar, mohon beri hak kami. Terimakasih.

    • Wss.Wr.Wb
      terima kasih sebelumnya atas tanggapan Bapak.
      Kami mohon maaf sebelumnya jika pelayanan yang kami berikan kurang maksimal. Salah satu penyebab seringnya padam dikarenakan gangguan jaringan yang terjadi di beberapa daerah, karena wilayah kerja kami dari Sorek/Ukui – Pengalihan Enok dan Belilas. Sepanjang jaringan tersebut, kerap terjadi gangguan, dan hal tersebut bukanlah yang kami inginkan.
      Mohon maaf atas ketidaknyaman ini, atas perhatiannya diucapkan terima kasih. Wassalam.

  90. komplek hakim jalan teuku umar sudah 4jam mati listrik, coba telpon no pengaduan cs sedang melayani pelanggan
    Rumah seberang jalan bisa nyala listriknya, kapan pln rengat mau menyalakan?

  91. bagaimana mau ajukan pengaduan, telpon pengaduan digantung gitu
    kalau pemadaman bisa digilir kenapa tidak digilir saja, ini sudah 3 jam mati listrik, eh beda gang masih nyala saja
    jangan diskriminasi gini, bayar juga sama sesuai tagihan

  92. INVENTARISIR ALAT KERJA & K3 u/di nilai.. semua izin usaha dan legalitas formal yang lain harap ditunjukkan dan harus asli, tapi yang mencangkok oknum pln dan oursourcing. khususnya rayon airmolek hampir seluhnya mencangkok. semboyan no suap dan pln bersirsih tidak di indahkan. untuk perhatian bp roebadi dan bp azwir kami mintak ketegasannya bapak. terimakasih..

    • Terima Kasih atas Informasinya Pak..
      Kami akan sangat berterima kasih jika bapak memberi informasi siapa oknum tersebut. Kami akan berusaha menjaga informasi yang Bapak berikan kepada kami. Jika informasi yang bapak berikan terbukti benar,maka kami akan meneruskan informasi tersebut dan memberi sanksi yang tegas kepada oknum yang terbukti tidak jujur tersebut.
      terima kasih, Wassalam.
      PLN Cabang Rengat

    • Mengapa belum ada tindakan nyata dari Pln Cabang Rengat untuk melakukan inspeksi di rayon airmolek. terkesan pembiaran yang terjadi, beberapa oknum sudah ada yang tertangkap tangan oleh bp azwir tetapi tidak ada tindakan tegas yang diberikan, dan sekarang malah bertambah parah kelakuan mereka, bahkan teknisi biro gelap pun bisa dengan mudahnya bermain. kami sudah sangat gerah, mohon petunjuk, terima kasih.

    • Yth Biro Airmolek

      Terima kasih atas tanggapan dan informasinya.
      Kami akan coba berkoordinasi dengan Manager Rayon Air Molek terlebih dahulu. Jikalau tidak ada tindakan nyata/tindakan tegas dari Rayon terkait, maka kami akan semaksimal mungkin melakukan teguran. Oleh karena itu, jika Bapak memiliki bukti otentik terkait penyelewengan tersebut, maka kami akan dengan senang hati menjadikan hal tersebut sebagai bukti.
      Adapun informasi yang diberikan, akan bersifat rahasia dan tidak akan disebarluaskan. Oleh karena itu, mohon tindakan kooperatif dengan mengirimkam bukti-bukti penyelewengan tersebut ke email opi.rengat@gmail.com

      Terima kasih

      PLN Area Rengat

  93. hampir seluruh pegawai dan outsorsing pln air molek mencangkok kwh, apa karna Bp agustian sudah pergi terjadi pembiaran. atau karna oknumnya yang rakus, terlalu…

  94. kl cm menjawab saya juga bisa wenjawab,kl bertindak kyaknya susah dr petugas pln untk sll brtindak,percuma

  95. Kapan PLN nyampai arusnya ke desa teluk kiambang. Kecamatan tempuling inhil.
    Yang hampir 18 tahun tiangnya sudah berdiri di desa kami tolong perhatian bapak.

  96. maaf ,knp ya pelayanan pln di wilayah kami tidak memuaskan,lampu mati dah 2 hari tapi tidak ada dari anggota pln untuk memperbaikinya,masa yangclain hidup di gang kami mati,parah banget nih orang pln bagan batu

  97. pihak pln yang terhormat saya ada masalah dengan kwh pra bayar karna muncul tulisan PERIKSA pada kwh.saya mohon bantuan pln untuk memberikan solusi

  98. Kepada PLN Rengat kami mohon dengan sangat agar tidak sering dilakukan pemadaman seperti sekarang ini, karena yang pasti kami sangat dirugikan. Tentu dengan adanya pemadaman listrik dan sering turun naiknya voltage membuat elektronik menjadi cepat rusak dan kalau sudah begitu siapa yang bertanggung jawab tambah lagi kami memiliki anak bayi yang jika udara panas kami nyalakan kipas angin untuk buat udara sejuk, tapi sekarang PLN sudah semena-mena melanggar hak kami sebagai pelanggan. Jikalau memang ada kerusakan bukannya secara profesionalisme harus cepat diperbaiki bandingkan dengan kota lain apalagi kota besar. Jujur saya adalah pendatang tapi kalau melihat kinerja maupun fasilitas PLN disini saya sangat kecewa dan sangat jauh perbandingannya. Mohon maaf sebelumnya. Thx

  99. Anda minta kami sampaikan dengan sopan
    coba anda pikir sopankah cara kerja anda dlm melayani kami sebagai pelanggan, sebentar mati sebentar hidup lampunya sudah seperti diskotik saja rumah kami. apakah itu anda katakan dengan sopan ???
    bekerjalah layaknya seorang profesional, tegas menindaklanjuti suatu permaslahan yg ad.

    jika memang ad permasalahan mohon pemberitahauannya kpd masyarakat
    mana motto semangat kerjanya,??
    dijalankan donk bukan hanya sekedar tulisan

  100. kepala PLN inhu memang seharusnya d ganti.
    Keluhan msyrakat terkait padamny pln tidak d tggapin serius.
    Dgn sering padamny pln begini akn smkin memberatkn pelanggan dlm pmbyaran.
    Coba utk profesional dlm mengemban amanah rakyat n msyrakat.

    • Ass. Wr. Wb
      Terima kasih atas tanggapannya Pak.
      sebelumnya kami minta maaf karena kami belum dapat membalas komentar secara cepat dan tepat.
      Kami akan lebih cepat menganggapi keluhan dan saran dari masyarakat. Saran dan Keluhan menjadi masukan kami untuk menjalankan pelayanan yang maksimal.
      Terima kasih.. Wassalam
      PLN Cabang Rengat

  101. Siangpak.keluhansaya listrik kami padam(mati) akibat kabel tiang listrik di depan rumah kena petir,sdh saya panggil petugas pln seberida katanya bukan tugasnya.katanya biro.jadi kpd siapalagipak,tlg berikan penjelasannya,serta alamat yg memperbaiki!.alamat kami Desa belimbing RT05.KEC BATANG GANSAL,INHU

  102. hmpir rutin stp mnjelang mghrib pln d belilas mati, pln sdh kebal dgn sbutan “memberi pelayanan buruk”.
    Menjelang mghrib gn kaum muslim mau menjalankan ibadah, mandi, dll.
    Y tlong d hrgai donk?

  103. mati lampu d saat hujan, padahal hujan nya ga trlalu deras.
    Pelayanan pln di inhu ne sangat buruk.

  104. stiap menjelang maghrib dn pas wkt tengah malam PLN rutin mematikan listrikny d wilayah titian resak.
    Mksdny apa ini?
    Klu pun giliran kenapa cm d titian resak dn jalur itu2 aj yg mati.
    Cb d management yg bgus lah, byk org yg mau shalat mghrib jd trkndala krn gelap.
    G menghargai yg shalat ya?

  105. pln tu hrs lbh bjak lah. wakt mlm tu kbykn org tdur, jgn pula tengah mlm mati pe brjam jam. cb lah d pkrkn baik2

  106. Kasihan warga kami pak ada yang jual kebun dan sepeda motor demi pingin menjadi pelanggan pln uang dah disetor namun pln tidak juga kunjung tiba di km9 desa bagan jaya kec.enok kab.inhil prop.riau dah bosan kami dengan janji setahun sudah kami menunggu
    pak direktur cab.rengat tolonglah kami biar juga merasakan terangnya malam

    • Sebelumnya kami mohon maaf atas keterbatasan kami dalam mnanggapi keluhan masyarakat, untuk permaslahan yang warga km 9 alami, bapak mungkin bisa datang kekantor pelayanan PLN terdekat dengan disertai bukti penyetoran biaya penyambungan yang telah disetor untuk memastikan apakah benar dana yang telah disetor warga benar2 sampai ke PLN,karena yang ditakutkan dana trsebut disalah gunakan oleh oknum2 yang tdk bertanggung jawab. Atau hub Pelayanan 24jam PLN 123 di nomor (0761) 123

  107. Kapan jaringan masuk ke km9 desa bagan jaya kec.enok dah setahun kami setor uang namun blum ada titk terang

  108. PLN Milik masyarakat atau seluruh warga negara Indonesia, Kenapa PLN (Admin) tidak mau menjawab semua pertanyaan yang ada (seperti diatas), PLN hanya menjawab pertanyaan-pertanyaan umum yang sebetulnya mudah dan banyak dipahami masyarakat awam.
    Tolong buat PLN, keluhan-keluhan masyarakat yang ada diatas kalo bisa dijawab semua, apa kesulitan, kesukaran atau masalah yang dihadapi oleh PLN agar dapat dipahami oleh masyarakat luas.
    Satu hal lagi layanan Listrik adalah hak semua warga negara Indonesia, JADI jangan sampai masalah listrik ini dijadikan sumber BISNIS untuk keuntungan pribadi, masyarakat sudah susah makin susah saja. INGAT TUHAN selalu melihat perbuatan kita, Dan tolong OKNUM-OKNUM tersebut diseret dan diadili saja.
    Trims, semoga PLN cepat tumbuh maju sampai pelosok dan dapat melayani 100% area Indonesia.

  109. kepada Pembangkit Listrik Negara…..
    Mohon Bantuannya, agar dapat memberikan informasi secara terbuka, jelas dalam memberi nominal rupiah yang baku atas klasifikasi pemasangan baru kepada pelanggan, sehingga terjadi keseragaman , bukan yg terjadi saat ini, antar biro jasa, sehingga terjadi persaingan yg kurang sehat terhadap pelanggan, mohon…..hal ini di follow up i dengan serius, sebagai contoh terjadi perbedaan yg signifikan antara masang 450 kwh, ada yg membri list harga 1juta sembilan ratus ribu, ada yg 1,6 juta, ada, yg 1,3 juta….mohon diberikan aturan yg baku mengenai hal ini…terimakasih..

  110. Lanjutkan PLN harus nyala tiap hari…. Selamat bekerja buat semua jajaran pln.sukses selalu

  111. Ketika ada pemadaman, di LCD meter selalu muncul periksa, kira2, kendalax apa ????

  112. Bpk pimpinan Wilayah Rengat yang terhormat.
    saya mohon perhatian khusus dari pihak Pln terhadap nasib kami warga dsn bahagia desa pekan tua kecamatan kempas inhil riau, sudah hampir setahun ini kami hanya menjadi bahan olok-olokan dari biro2 yang tak bertanggungjawab. dijanjian masuk listrik ke dusun kami tapi sampai sekarang tiangnya saja belum ada. kami berinisiatif untuk datangi kantor pln. kami diancam akan dimusuhi. karena katanya kami mau memotong jalur bisnis mereka.
    mohon perjuangkan hak kami sebagai warga negara indonesia yang merdeka ini. wassalam.

  113. Ralat.:
    maksud saya tgl 28 jam steah 2 mlm sampai sekarang

  114. Kenapa listrik mati,sejak tanggal 29 jan 2013 jam 1:30 dinihari sampai sekarang?wilaya kec.lubuk batu jaya?

    • Ralat.:
      maksud saya tgl 28 jam steah 2 mlm sampai sekarang

  115. yth.pimpinan pln ranting menggala mohon kiranya ,dalam menyikapi kebingugan masarakat di kampung medasari,agar dapat saling menciptakan suasana kondusip bukan saling jatuh menjatuhkan antar biro………………………….berjuang bukan karna uang tapi karna keiklasan dalam perjuanga……………………………….

    • Bpk Bera, kami mohon maaf atas suasana yg kurang kondusif didaerah bapak. Untuk menghindari suasana yg kurang kondusif tersebut, bpk dpt menghubungi kantor pelayanan kami, disana bpk dpt mendapatkan Informasi Biro-biro mana saja yg resmi terdaftar di PLN, demikian terimakasih.

    • Malam ini saat saya krm komen ini terjadi pemadanan,muda2 gak terjadi pemadaman kaya kemarin 2hri 2 mlm.ya pak PLN.

    • Malam ini saat saya krm komen ini terjadi pemadanan,muda2 gak terjadi pemadaman kaya kemarin 2hri 2 mlm.ya pak PLN. Lokasi kec.lubuk batu jaya.

  116. mohon curahan nya pak pln, pembayaran listrik saya tak pernah diatas angka 6ratus ribu tapi 3 bulan belakangan ini mencapai angka 9ratus ribu mohon keterangannya pak pln

    • Bapak Apria dapat langsung menghubungi/datang kekantor pelayanan kami, dengan membawa bukti pembayaran serta angka meter yg tertera di kwh meter rumah bapak, demikian terimakasih (Call Center 0761 123)

  117. pak, mo tanya gima cara daftar tmpat pembayaran rek listrik yg resmi. tq

    • Bapak Abadi dapat langsung datang ke Bank2 yang melayani Pembayaran Online (cth : Bukopin, BSM dll) serta Kantor Pos

    • bagi yang ingin membuka loket pembayaran PLN dan penjualan token (pulsa) listrik pra bayar silahkan menghubungi di no 081384553999. transaksi lancar dan 24 jam.

  118. kepada pln yang terhormat,,
    kami sudah pembayar lunas kepada pengumpul dana di desa air putih kecamatan lubuk batu jaya kabupaten indragiri hulu, akan tetapi sampai detik ini kami belum dapat menikmati aliran pln. satu lagi yang menjadi malah biro yang menangani instalasi di desa kami cv. cahaya bintang satria sudah di backlist.. jadi bagaimana nasib kami selanjutnya??????

    mohon balasan kepada pihak yang tekait…. trima kasih.

  119. Mohon pihak PLN Cabang Tembilahan memeriksan Pelanggan Pasang Baru No. Register 184412001569 atas nama MEIDIANSYAH PUTRA sudah dipasang meterannya tapi belum ada diaktifkan terhadap meteran kwh (Pascabayar) tersebit oleh petugas PLN Cabang Tembilahan

    • Bapak Meidiansyah, saat ini Pelanggan atas nama Bapak sudah terdaftar dengan Idpel 184409020006 sebagai pelanggan PRABAYAR, demikian terimakasih

  120. Mohon informasi kembali atas Pasang Baru PLN secara online dengan kapasitas 1300 Va dengan no register Permohonan 184412001569 nama pemohon MEIDIANSYAH PUTRA tertanggal 9 September 2012 setelah menandatangani perjanjian sampai saat ini KWH meteran belum juga dipasang oleh PLN Cabang Tembilahan

  121. Pln saya mempunyai usaha fotocopy. Pd saat kerja mesin saya sering mati kalau pas d dpn rumah menggunakan las listriknya.. Bgaimana cara mengatasinya.. Listrik saya pakai token.

  122. pak mohon informasi saya telah melakukan pasang baru pln prabayar secara online dengan Kapasitas 1300 Va tanggal 9 September 2012 dan melakukan pembayaran via kantor pos pada tanggal 18 September 2012 sampai saat ini belum ada realisasi dari pln tembilahan no register permohonan 1844012001569 nama pemohon MEIDIANSYAH PUTRA

  123. pak mohon keterangan nya tagihan listri saya naik dua kali lipat sedangkan pemakaian saya seperti biasa mohan di jelas kan pak,,,terima kasih

    • Untuk maslah pemakaian, bapak dapat langsung datang kekantor pelayanan kami dengan membawa angka meter yg tertera di KWH meter
      demikian terimakasih

  124. mohon bntun dari pln,knp pasang baru di dusun3 sibabat belum jg nyala,pdhl travo di dusun kami udah aktif dan justru di gunakan desa lain,dimana masalahnya?sudah hampir 1th,setelah pendaftaran,terimakasih atas perhatiannya

  125. Kami sebagian warga airputih. Dalam forum pengaduan ini ingin mengucapkan selamat dan suksesssssssssssssssss atas masuknya prolisdes didesa airputih kec lubuk batujaya. Saking suksesssssssssnya sampai ada beberapa lokasi yang tidak kebagian tiang listrik, suksesnya lagi kami sudah melunasi tanggungan kewajiban pembayaran,,,…….eehehehehhe sampai saat ini ga nyala nyala juga,,,,,,hahahahhahahahahaha

  126. yth pln.
    Tlong cpat msuk ke desa kami..pltd mahal,Rusak pula.

  127. yth pln kami warga desa rawa bangun. Mengharapkan secepatnya pln masuk desa kami.karna kami saat ni tdk puas dgan pltd yg mahal Rusak pula..

  128. kapan ni bpk2 PLN listrik kita nyala untk kec lubuk batu jaya km dr sp.4 lalak

  129. Assalam…
    Kepada kepala PLN rengat.
    Saya pengen jadi agen pembayaran tagihan listrik online, bisa daftar secara online tidak? Mohon infonya terima kasih.

  130. KEPADA KEPALA PT ,PLN RIAU

    KAMI MASYARAKAT KUANSING MAU BERTANYA TETANG PEMASANGAN LISTRIK BARU YG MASUK DI DESA INOMAN ,01.DI DESA INOMAN KUANSING RIAU ,UNTUK PEMASANGAN BARU LISTRIK DI KENAKAN BIAYA ,BERKISAR 2.000.000 PERUMAH.KALAU BAGI MASYARAKAT DESA HARGA DIATAS ITU MENCEKICK MASYARAKAT DISANA ,PAK.KAMI MOHON KLARIFIKASI NYA,DAN SAMPAI SEKARANG BELUM NYALA KASIAN RAKYAT DI SANA SUDAH HIDUP SUSAH ,DI TAMBAH LAGI BIAYA LISTRIK YANG ,GAK LUMRA.apa listrik di inodonesia ini HANYA UNTUK PEJABAT ?…………………

    • Sebelumnya kami mohon maaf atas keterlambatan respon kami,

      untuk maslah biaya penyambungan baru bapak dpat langsung datang kekantor PLN

  131. Saya pelanggan dari Desa Marsawa Kec. Benai Kab. Kuansing kami memakai meteran Prabayar Merk Glomet, yang saya pertanyakan kenapa setiap mati lampu selalu muncul tanda PERIKSA dan parahnya lagi cara memperbaikinya harus memasukkan code temper yang dapatnya harus nunggu 2 harian ini kan tidak efisien Pak PLN yang terhormat….
    lantas bagaimana kami bisa mendapatkan CODE TEMPER tersebut tanpa harus menunggu dari Petugas PLN datang ke rumah??? apa bisa kami minta CODE TEMPER melalui telepon, sms, email, dan sebagainya yang bisa cepat kami dapatkan ?. Terimakasih & mohon jawabannya..

    • Kami mohon maaf atas permaslahan yg bapak hadapi

      Tapi untuk mendapatkan kode tamper, tetap harus dari petugas PLN, karena hal tersebut memang mnjadi tugas kami

      mengenai keterlambatan petugas kami, akan kami coba perbaiki

      terimakasih

  132. nomor pengaduan lewat telpon berapa boz?

    • Bapak bisa menghubungi no 0761 123

  133. saya pelanggan dari sulawesi, curhat disini karena tidak ada tempat pengaduan online untuk sulawesi yang saya dapatkan di internet. SINGKAT CERITA MAU LAPOR AJA, SOAL ADA TUKANG CATAT METER YANG MARAH KARENA KAMI TIDAK BAYAR REKENING LISTRIK DENGAN MEREKA TAPI BAYAR DILOKET LAIN. DIA MENGANCAM TIDAK AKAN MENCATAT METERAN LISTRIK KAMI LAGI, TUKANG CATER TERSEBUT DATANG DAN MENGATAKAN YANG HARUS KAMI BAYAR 30000 TANPA STRUK KARENA MEMANG SUDAH DIBAYAR PADAHAL YANG SUDAH KAMI BAYAR HANYA 11000. MOHON PENJELASAN DAN TINDAK LANJUT
    SAYA TINGGAL DI KAMPUNG REDAK DESA PATONGLOAN, KECAMATAN ALLA KABUPATEN ENREKANG SULAWESI SELATAN

  134. Saya adalah pelanggan pln d wilayah teluk kuantan,tepatnya di marsawa,kec.benai,..saya ingin bertanya: kenapa pada kwh prabayar rumah saya setelah mati lampu keluar tulisan periksa,..saya mohon kpd pln untuk memberi tahu,bagaimana cara menghilangkan tulisan tersebut dan listrik rmh bs hdp kembali,.

    Catatan: kwh saya sudah lunas,.dan pulsanya sudah diisi 25.000 pada hari kamis lalu.,terimakasih

  135. yth, PLN cabang rengat…..saya berdomisili di sungai baung..kenapa kalau malam hari, tegangan yang sampai cuma 150VAC…sudah banyak alat elektronik yang rusak…apakah karena mesin kekurangan daya (padahal pemasangan KWH baru tetap berlanjut), atau karena memang di sengaja untuk meminimalisir cost pengeluaran? maaf sebelumnya…

    • Tidak unsur sengaja dlm hal permasalahan drop tegangan pak,

      Biasanya hal tsbut terjadi karena jaringan yg trlalu panjang, atau keterbatasan pembangkit

      terimakasih atas pengertianya..

  136. pak,gmn no.rek saya blm keluar.

  137. pak,no rekening saya blm keluar

  138. yth,PLN cbg rengat….. apakah saya bisa menjadi agen pembayaran PLN daerah rumbai jaya…??? sementara loket pembayaran yang ad sekarang di kempas jaya,,, jarak tempuhnya sangat jauh…. bagai mn caranya…???? dirumbai saya bk usaha WARNET,,, jd sangat mudah kl sistem pembayaran sekarang sdh bs ONLINE….. tlg INFONYA>>>>>>>> tq…:)

  139. pembayaran bulan desember atas nm:MUSTAFA KAMAL IDFL=184102004394 rumbai jaya KOK MAHAL PAK…..???? RP.430.670 sedangkan bulan november cm Rp.164.000 daya yg dipakai 900 VA. pemakaian sm tapi bayarnya naik lebih 100%,, sdangkan tetangga sebelah disalurkan 6 rumah cm Rp.56.000 bayarnya,,,, tak masuk logika pak… tolong petugas pencatat KWH yang betul kerjanya…..

  140. Pembayaran saya sangat mahal dan ada ke ganjilan di stan meter saya.di stan meter saya belum sampai 9250 kwh sedangkan di stan meter saya baru mencapai 2633 kwh. .bagaimana kinerja tukang catat stan meter nya. .tidak punya mata apa. .makan gaji buta saja.tolong di TINDAK TEGAS sangat merugikan konsumen

  141. Dear pln, tolong coba dicek ini pln pada ga beres atau kurang pengalaman dalam menangani listrik, saya tinggal di wilayah riau bagan batu, ini pln yang benar aja sudah 4 hari berturut-turut tiap pagi mati lampu terus jangankan tiap pagi kadang dalam sehari bs mati lampu sampai 5x nanti beberapa menit nyala lagi lampunya, saya buka usaha warnet kalau mati lampu terus komputer saya jadi banyak yang rusak dari pihak pln gimana tanggung jawabnya saya sudah bayar mahal-mahal listrik, sudah itu saya upgrade listriknya tapi pelayananya kayak gini, soal mati lampu saya tidak permasalahkan tapi kalau mati lampu kayak gini ini sudah keterlaluan, daerah sini riau bagan batu boleh dibilang sudah langganan sering mati lampu, tolong gimana perbaiki pelayananya soal mati lampu yang secara terus menerus, kapan mau majunya kalau pelayananya seperti ini, sebelumnya maaf kalau ada kata-kata yang agak kasar karena saya sudah terlanjur kesal gara-gara mati lampu komputer saya banyak yang rusak dan usaha jadi sepi,terima kasih (sekedar pemberitahuan hari ini tgl 24/11 lebih parah lagi mati lampu dalam sehari mati lampu sampai 6x)

  142. Kepada Yth Manajemen PLN Cabang Rengat.
    kami perlu kejelasan berasa sebenarnya biaya masuk PLN sekarang ??

  143. mohon di tindak apabilah ada oknum yang mengadakan pungli

  144. sebagai pertimbangan kami juga mengirimkan desa percontohan yang sedang dilanda permasalahan yang sama

    http://www.indragirinews.com/indragiri-hulu/oknum-biro-dan-kades-serta-kud-dinilai-bodohi-masyarakat.html

    mohon klik ling diatas.. terima kasih

  145. Kepada PLN yang terhormat., mohon dengarkan seruan masyarakat INHU yang akan memasang PLN baru Khusunya untuk wilayah desa Sei Beberas Hilir Kecamatan Lubuk Batu Jaya Dengan adanya kerja sama antara biro dan kepala desa dan KUD, kami menilai ada permainan antara oknum terkait. karena dalam hal ini tarip untuk pamasangan baru bagi pelanggan untuk desa sei beberas hilir itu di pungut seberas Rp. 3.500.000 untuk daya 900 KW dengan jumlah titik 7 titik, sehingga memberatkan warga yang kurang mampu dengan hal itu kami mohon kepada pihak PT. PLN (persero) cabang Rengat, kami warga sekecamatan lubuk batu jaya bertanya kepada Bapak-bapak/ ibu-ibu yang terhormat berapakah sebenarnya harga yang ditetapkan oleh Pihak PT. PLN (persero) cabang rengat ? sudih dikaranya bapak/ ibu menjawab pertanyaan kami. dengan tidak mengurangi rasa hormat kami ucapkan terima kasih.

    • Untuk pendaftaran masuk listrik, mengenai biayanyaalangkah baiknya bapak langsung datang ke Kantor Layanan PLN jangan melalui Calo
      Demikian terimakasih

  146. Kepada Kepala PLN Yth : saya mau menyanyakan tentang tagihan rek ID184400056765 pembayaran pada bulan Juni 2011 sangat melonjak yang biasanya pembayaran tidak melebihi RP. 200.000.- kq bulan juni sampai Rp.364.635.- sedangkan pemakaian saya tetap. dimna kesalahannya atau ada kenaikan TDL,

  147. Kepada PLN Rengat, kami di sub ranting sungai guntung ingin menanyakan bahwa sampai kapan ini PLN mau dinyalakan 24 jam seperti di tembilahan dan wilayah2 lainnya? kenapa di sungai guntung selalu aja ada pemadaman dari pagi jam 7:00 wib hingga 17:00 wib katanya wilayah indonesia akan bebas pemadaman bergilir pada akhir tahun 2010 seperti kata Bpk. Dahlan Iskan?

  148. Kami Mohon Bapak untuk masalah pembayaran,bapak Yandra bisa langsung ke Kantor Pelayanan Kami, disana bapak bisa mendapatkan Informasi biaya-biaya yang mesti dibayar, terima kasih

  149. biaya penyambungan gerakan sejuta sambungan di kelurahan muara lembu kecamatan singingi kabupaten kuantan singingi sangat mahal,13 titik dipatok 6 juta lebih,tidak ada kwitansi sama sekali pada sekitar 80 sambungan baru,mohon kepada direksi PLN cabang rengat mohon laporan ini ditindaklanjuti.

    • Kepada Bpk Yandra, untuk Biaya Penyambungan sudah ada ketetapannya dan agar lebih jelas sebaiknya bapak langsung kekantor Pelayanan kami dan tidak berurusan dengan calo-calo diluar kantor pelayanan kami, terima kasih.

  150. Terimakasih kami sampaikan kepada bpk Eko, dan terimakasih lagi atas ketetapan bapak melunasi rekening listrik bapak setiap bulannya.

  151. Menanggapi PLN Cabang Rengat yang berkata”agar pelanggannya melunasi tagihan setiap bulan”, KAmi para pemakai PLN, pasti setiap bulan melunasi tagihan, kan kalau tidak dilunasi 3 bulan dicabut, pasti para pelanggan melunasi tagihan setiap bulan, ini alasan PLN aja yg, malah menyalahkan pelanggannya, gimana PLN ini.. Kalau PLN sudah tidak sanggup lagi mengelola listrik, bilang aja, biar cari investor yang lebih bagus…
    Kamu para pejabat PLN< gaji kamu besar, Genset aja tidak bisa dibeli, tunggu saja KPK datang untuk menyelidiki kamu….

  152. Kami dari PLN terus berusaha bagaimana supaya PLN semakin baik, kami juga butuh dukungan dari pelanggan kami tercinta, untuk dapat melunasi tagihan listrik setiap bulan, karena dengan itulah PLN akan semakin maju. Demikian terimakasih.

  153. Bagi kami pelanggan cuma satu yang kami minta, jangan PLN suka memadamkan lampu seenaknya.

  154. Silahkan jika ada keluhan, pertanyaan ataupun saran untuk kemajuan PLN, mohon disampaikan dengan sopan. Terimakasih

    • kepada yth kepala pln cabang rengat ; kami mau menanyakan tentang migrasi meteran pasca bayar ke pra bayar, apakah ada dikenakan biaya penukaran pemasangan meteran kepada petugas pln lapangan, karena kami ada migrasikan 5 meteran di wilayah belilas dan kami sempat di telp oleh petugas yg akan memasang meteran tsb dan mengatakan akan meminta biaya pemasangan, tetapi kami tidak menanggapi pembayaran tsb dan hasilnya sampai saat ini meteran tsb tidak dipasangkan, sekian laporan dari kami dan mohon info dan tindak lanjuti dari bapak. terima kasih

    • Yth Ibu Rosita Agnes Raphaeli

      Untuk migrasi pasca bayar ke prabayar tanpa menaikkan daya tidak dikenakan biaya penggantian ataupun biaya pemasangan, hanya akan dikenakan biaya untuk pembelian token perdana (biasanya kita menganjurkan untuk yang nominal 20ribu rupiah), dan ini untuk pulsa listrik perdana (token perdana) pada kwh meter ibu. Diluar biaya itu tidak ada biaya tambahan lagi. Jika ada oknum yang meminta biaya pemasangan harap ibu dapat menginfokan kepada kami nama oknum tersebut, atau nomor handphone oknum tersebut melalui email kami di opi.rengat@gmail.com agar hal seperti ini tidak di alami oleh pelanggan yang lain. Jika sampai sekarang proses penggantian kwh meter belum juga di laksanakan, ibu dapat mengirimkan nomor register, nomor agenda, atau idpelanggan yang akan dimigrasikan ke prabayar agar dapat kita lakukan pengecekkan pada sistem kami.

      Terima kasih

      PLN Area Rengat.

    • Baik pak, kami infokan idpel yg sdh kami bayar pada kantor pos rengat sbb ;184101063239, 184101063247, 184101063014, 184101063022 dan 184101003322, disini kami upayakan mendukung program pln untuk menggalakkan ke sistim prabayar, tetapi kalau cara kerja petugas lapangannya begini, kami sangat kecewa dan menyesal migrasi ke prabayar, padahal dgn pindah ke prabayar kami harus bayar dulu baru bisa gunakan listriknya. sekian keluhan dari kami sebagai pelanggan pln cabang rengat, semoga dgn laporan kami ini tidak terulang lagi kasus yg serupa ini. terima kasih

    • sebagai tambahan kami infokan bahwa pengurusan kami di kantor pln dan sdh bayar via kantor pos sdh lebih 1 minggu. terima kasih


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 92 other followers